Rangkaian Kegiatan Museum Basoeki Abdullah Dalam Rangka HUT RI ke 72


LOKASI : Museum Basoeki Abdullah, Cilandak Jakarta Selatan
STATUS KEGIATAN : Finished

Menyambut  Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Museum Basoeki Abdullah menggelar rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di Museum Basoeki Abdullah, pada hari Ahad, 13 Agustus 2017. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah Workshop Menggambar dengan tema, “Semarak Hari Kemerdekaan”. Acara workshop atau lokakarya yang digelar kali ini diikuti peserta yang berjumlah 71 orang, yang terdiri dari siswa TK/PAUD di wilayah Jakarta Selatan dan juga masyarakat di lingkungan sekitar museum.

Acara lokakarya dibuka langsung oleh Kepala Museum Basoeki Abdullah, Bapak Joko Madsono. Dalam sambutannya Bapak Joko Madsono menyampaikan bahwa Workshop Menggambar yang diadakan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan di Museum Basoeki Abdullah untuk memeriahkan Dirgahayu Kemerdekaan RI. Bapak Joko juga menerangkan bahwa acara ini juga menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengapresiasi dan mengekspresikan budaya, terutama dalam hal seni lukis (rupa). “Selain itu sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Indonesia juga akan diselenggarakan Lomba Lukis Tingkat SD,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut hadir sebagai narasumber Bapak S.Wito, seorang pelukis dari Komunitas Pasar Baru. Pada kesempatan tersebut Bapak Wito mengajarkan kepada peserta workshop cara menggambar secara mudah suasana perayaan kemerdekaan yang biasa diperingati setiap momen pada Agustus bulan Semarak Kemerdekaan RI. Acara workshop diakhiri dengan penyerahan cinderamata bagi para peserta yang karyanya dipilih oleh Bapak Wito.

Selain penyelenggaraan lokakarya, Museum Basoeki Abdullah juga menyelenggarakan kegiatan lainnya seperti Penutupan Pameran Seni Rupa Komunitas Titik Api dan juga Peresmian Mural di dinding Museum Basoeki Abdullah. Dalam kegiatan tersebut Komunitas Titik Api mengucapkan banyak terima kasih sekaligus memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi pihak Museum Basoeki Abdullah yang telah memberikan wadah bagi masyarakat (para perupa dan komunitasnya) untuk mengapresiasi dan mengekspresikan budaya.

Pada sambutannya dalam kegiatan Penutupan Pameran Seni Rupa, Bapak Joko menyampaikan bahwa pameran tersebut tercatat dikunjungi oleh lebih dari 1000 orang. Dalam kegiatan yang juga sekaligus menjadi momen terakhirnya menjabat sebagai Kepala Museum Basoeki Abdullah, Bapak Joko juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesediaan Komunitas Titik Api dalam bekerja sama dengan Museum Basoeki Abdullah, sekaligus melontarkan harapannya agar kedepannya Komunitas Titik Api tidak hanya meliputi alumnus UNS saja, tetapi juga perguruan-perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Rangkaian kegiatan pada hari itu ditutup dengan peresmian sekaligus peninjauan lukisan mural di dinding Museum Basoeki Abdullah. Dalam kesempatan tersebut Bapak Joko mengajak para tamu untuk berkeliling area lukisan mural, sekaligus meminta kepada para pelukisnya menerangkan makna dari lukisan-lukisan mural yang dibuat dengan terinpirasi karya-karya Basoeki Abdullah.



Foto Kegiatan