Lomba Menggambar 'Semarak Hari Kemerdekaan' Tingkat SD Se-Jabodetabek


LOKASI : Museum Basoeki Abdullah, Jl.Keuangan Raya No.19 Jakarta Selatan
STATUS KEGIATAN : Finished

Sejak pagi hari halaman Museum Basoeki Abdullah telah dipenuhi peserta lomba yang datang dari wilayah Jabodetabek. Semangat para pelajar juga terlihat meskipun mereka menunggu lama karena harus antre untuk persiapan registrasi, masih tampak keceriaan mereka candaan khas anak-anak terdengar riuh disepanjang selasar Gedung Museum Basoeki Abdullah.

Sebanyak 110 siswa dan beberapa guru pendamping berkunjung ke museum dalam rangka mengikuti kegiatan Lomba Menggambar Tingkat SD/sederajat Se-Jabodetabek. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di Museum Basoeki Abdullah untuk memeriahkan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 72. Dengan mengusung tema “Semarak Hari Kemerdekaan”, sub tema lomba menggambar hari ini ada 3 diantaranya: Suasana lomba, Suasana upacara bendera, & Suasana pawai budaya. Lomba ini diikuti oleh SD & SDLB di wilayah Jabodetabek. Selain itu adanya fasilitas pekan kemerdekaan museum dengan program gratis kunjungan museum selama bulan Agustus di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi salah satu faktor pendukung pelaksanaan kegiatan siswa-siswi SD sederajat untuk mengisi peringatan Hari Kemerdekaan dengan mengikuti lomba menggambar di Museum Basoeki Abdullah.  

Dalam sambutannya Kepala Museum Basoeki Abdullah mengucapkan selamat datang kepada para peserta dari 61 SD di Jabodetabek. "Ini kesempatan adik-adik untuk mengembangkan diri, terutama untuk meningkatkan semangat berkarya dan mengekspresikan budaya khususnya dalam hal seni lukis (rupa)”, disampaikan Kepala Museum Basoeki Abdullah Ibu Maeva Salmah saat membuka kegiatan Lomba Menggambar yang bertempat di ruang serbaguna Museum Basoeki Abdullah pada Rabu (16/08/2017). Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan lomba yang berlangsung selama 2 jam.

Setelah proses penjurian selama kurang lebih 60 menit, akhirnya dewan juri telah memutuskan lima (5) orang pemenang, yang dinilai berdasarkan kriteria penilaian diantaranya kesesuaian tema, kreativitas, komposisi warna, dan teknik menggambar. Para pemenang tersebut antara lain: Calista Vania – SD Tampomas (juara 1); Nurmasyahaq – MIN 09 Jakarta (juara 2), Sherly Vermont – SD Masudirini (juara 3), Devin Valentino – SD Bunda Hati Kudus (juara harapan 1), dan Rizka Mahira – SDN 09 Bendungan Hilir (juara harapan 2).

Selamat kepada seluruh pemenang lomba ya. 



Foto Kegiatan