Pameran Bersama Museum Goes to Campus 2 UNS Solo


LOKASI : Auditorium UNS - Solo, Jl. Ir. Sutami No.36A Kentingan Surakarta
STATUS KEGIATAN : Finished

Museum Basoeki Abdullah kembali turut berpartisipasi dalam festival Museum Goes to Campus II yang diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret UNS Solo. Kegiatan pameran yang turut didukung oleh Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Seni Rupa&Desain UNS Surakarta tersebut berlangsung selama empat hari mulai 4-7 September 2017. Pada pameran kali ini tema yang diangkat yaitu “Keanekaragaman Yang Menyatukan”, tema tersebut dipilih karena dilatarbelakangi niat untuk menunjukkan kemajemukan yang terdapat pada bangsa Indonesia. Kemajemukan itu menandakan kekayaan dan elemen-elemen yang menguatkan kehidupan sebagai bangsa.

Dimulainya pameran bersama ditandai penampilan tarian selamat datang sebagai pembuka acara, serta dilanjutkan pemukulan gong oleh Direktur PCBM Dr. Harry Widianto didampingi Rektor UNS Prof. Ravik Karsidi yang secara resmi membuka pameran di pelataran Auditorium UNS. “Kegiatan ini merupakan upaya mendekatkan museum kepada masyarakat khususnya kalangan civitas akademika, utamanya mahasiswa sebagai generasi muda strategis yang akan berperan aktif dalam kehidupan bangsa untuk masa kini maupun masa mendatang”, ujar Harry Widianto. Rektor UNS menambahkan “Pameran bersama ini merupakan rekaman dari memori kolektif bangsa yang menampilkan koleksi museum dan perlu disosialisasikan secara berkesinambungan untuk menarik minat mahasiswa, pelajar, pendidik, budayawan, para pengampu museum, dan para pengambil kebijakan di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata untuk berkunjung ke museum yang ada di Indonesia”, jelasnya.

Festival museum MGtC II tahun 2017 kali ini diikuti oleh 27 museum serta lembaga kajian dan pengembangan kebudayaan yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Dalam kesempatan ini Museum Basoeki Abdullah turut berpartisipasi dengan menampilkan koleksinya. Koleksi yang ditampilkan merupakan karya reproduksi yaitu lukisan ‘Topeng Sebagai Sandiwara Kehidupan dan Penari Kijang Kencana’, serta lukisan pemandangan ‘Flora dan Fauna'. Selain agenda utama pameran koleksi museum, MGtC ke-2 ini juga diramaikan oleh serangkaian acara, antara lain seminar permuseuman, pentas seni dan budaya, lomba dongeng nusantara, pemutaran film sejarah, dan melukis bersama. 



Foto Kegiatan